KISI-KISI SUMATIF AKHIR JENJANG PAI KELAS 9 2025



  1. Peserta didik dapatmenyebut arti dari khalifah sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 30.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan contoh perilaku tercela yang sudah tertera dalam surat Al Qasas 33
  3. Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang terbaik dilakukan sebagai generasi muslim dalam menyebarkan kasih sayang.
  4. Peserta didik dapat menyebutkan potensi akal manusia dalam menyelesaikan permasalahan.
  5. Peserta didik dapat menjelaskan kandungan dari surat Al-Qasas 33.
  6. Peserta didik dapat menjelaskan kehidupan yang baik menurut ajaran Islam.
  7. Peserta didik dapat menyebutkan contoh mad ‘iwad pada potongan ayat yang sudah tersedia.
  8. Peserta didik dapat menyebutkan hukum bacaan mad sesuai dengan potongan ayat yang sudah tersedia.
  9. Peserta didik dapat menyebutkan jumlah hukum bacaan mad jaiz munfasil yang sesuai dengan potongan ayat yang sudah tersedia.
  10. Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari kalam hikmah
  11. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian secara istilah dari Qada dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari.
  12. Peserta didik dapat menjelaskan tindakan yang sebaiknya manusia lakukan sesuai dengan ketentuan Allah Swt.
  13. Peserta didik dapatbmenyebutkan sikap yang paling tepat bagi orang yang beriman pada Qada dan Qadar ketika mendatangkan musibah
  14. Peserta didik dapat menyebutkan peristiwa takdir yang bukan takdir mu’alaq
  15. Peserta didik dapat menyebutkan peristiwa yang menunjukkan takdir mubram.
  16. Peserta didik dapat menyebutkan contoh penerapan perilaku tawakkal.
  17. Peserta didik dapat menjelaskan pernyataan yang tepat pada peristiwa yang berkaitan dengan Qada dan Qadar
  18. Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban manusia menghadapi ketentuan Allah Swt terkait dengan Qada dan Qadar
  19. Peserta didik dapat menyebutkan yang tidak termasuk salah satu bukti beriman kepada Qada dan Qadar.
  20. Peserta didik dapa menyebutkan hikmah beriman kepada Qada dan Qadar yang sesuai dengan ilustrasi.
  21. Peserta didik dapat menyebutkan unsur utama yang harus ada di dalam seni Islami
  22. Peserta didik dapat menjelaskan definisi seni Islami
  23. Peserta didik dapat menyebutkan hal-hal yang bukan diperhatikan dalam mengekspresikan keindahan seni
  24. Peserta didik dapat menyebutkan arti dari “fastabiqul-khairat" yang menjadi ungkapan pada lomba MTQ
  25. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu seni Islami yang mempunyai istilah tsulus, naskhi, kufiriq’ah, ijazah, diwani
  26. Peserta didik dapat menjelaskan alasan keindahan bangunan istana Al-Hamra.
  27. Peserta didik dapat menyebutkan nama khalifah pada era kekuasaan Dinasti Abbasiyah yang menjadi berkembangnya seni musik.
  28. Peserta didik dapat menjelaskan lirik syair yang tidak asing di kalangan muslimin saat ini yang pertama kali dikumandangkan.
  29. Peserta didik dapat menyebutkan salah satu jenis musik yang dinyanyikan secara acappela yang bermuatan pesan-pesan moral, pendidikan, kata-kata nasihat dan sebagainya.
  30. Peserta didik dapat menyebutkan yang tidak termasuk cara memberi apresiasi terhadap seni Islami.
  31. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dari mazhab yang paling tepat.
  32. Peserta didik dapat menyebutkan penyebab utama timbulnya mazhab-mazhab dalam Islam
  33. Peserta didik dapat menyebutkan nama mazhab yang paling banyak diikuti di negara Indonesia
  34. Peserta didik dapat menyebutkan nama mazhab yang memiliki karya yaitu kitab Al-Muwatta.
  35. Peserta didik dapat menyebutkan definisi dari klasifikasi bermazhab tentang penetapan suatu hukum.
  36. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian ittiba yang paling tepat.
  37. Peserta didik dapat menyebutkan definisi dari klasifikasi bermazhab tentang pendapat orang lain.
  38. Peserta didik menyebutkan dalil naqli yang menerangkan sikap Rasullah SAW dalam membenarkan jawaban Muadz bin Jabal
  39. Peserta didik dapat menyebutkan suatu ayat yang menjelaskan tengan klasifikasi bermazhab
  40. Peserta didik dapat menyebutkan contoh sikap para ulama di dalam suatu wacana.
  41. Peserta didik dapat menyebutkan terkaitan salah satu budaya dari bengkulu dengan kegiatan yang menjadi budaya di Persia
  42. Peserta didik dapat menyebutkan pengertian dari salah satu fatwa pada kodifikasi hukum Islam
  43. Peserta didik dapat menyebutkan nama kerajaan Islam yang didirikan oleh Zahirudin Babur.
  44. Peserta didik dapat menyebutkan nama masjid di Agra dibangun pada masa Syekh Jehan.
  45. Peserta didik dapat menyebutkan nama raja di kerajaan Mughal menjalankan roda pemerintahan secara militeristik.
  46. Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi dan Mughal.
  47. Peserta didik dapat menyebutkan yang tidak termasuk manfaat dalam memperlajari sejarah perkembangan Islam di dunia.
  48. Peserta didik dapat menyebutkan suatu nilai yang dapat diteladani dalam kehidupan dari peristiwa yang sudah tersedia.
  49. Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan agar menjadi generasi muslim di zaman modern.
  50. Peserta didik dapat menyebutkan tradisi hasil karya para ulama terdahulu yang sesuai dengan ajaran Islam.


Komentar

Postingan Populer