LATIHAN SOAL PAI SMP 9 PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR JENJANG KURIKULUM 2013

 Assalamu'alaikum wr.wb

selamat datang di blogs guru milenial kreatif. blogs edukatif dan informasi seputar pendidikan.

berikut ini, admin akan berbagi Latihan soal Pendidikan Agama Islam & BP untuk persiapan penilaian akhir jenjang SMP Kelas 9.



Pilihlah jawaban yang benar!

1. Perhatikan Q.S. al-Mujadilah /58: 11 berikut!

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ  ....

Lafal yang tepat untuk melengkapi ayat tersebut adalah …..

A.    لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ

B.    وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ

C.    وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

D.   مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ

  

2. Perhatikan Q.S. Ali Imran/3: 134 berikut!

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ ﴿134

“(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”,

Contoh perilaku yang mencerminkan  Q.S. Ali Imran/3: 134 tersebut  adalah ….

A.    Ahmad menerima dengan lapang dada keadaan keluarganya yang kurang mampu

B.    Ani tidak pernah putus asa dengan kegagagalan usaha yang telah dilakukannya

C.    Agus tidak pernah membalas dendam terhadap orang yang telah menyakitinya

D.   Susanto belajar dengan tekun untuk menghadapi lomba Cerdas Cermat Islami

 

3.    Perhatikan Q.S. al-Furqan/25: 63 berikut!

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا ﴿63

Cara membaca mad yang terdapat pada akhir ayat tersebut adalah ….

A.    huruf mim dibaca sukun

B.    huruf alif tidak dibaca panjang

C.    fathatain dibaca fathah panjang 2 harakat

D.   fathatain dibaca fathah panjang 1 harakat

 

4.    Bacalah ilustrasi berikut!

Amir  adalah  siswa kelas 8 salah satu SMP di kota Salatiga.  Amir dikenal sebagai siswa berprestasi di sekolah itu. Beberapa kali ia mendapat peringkat 1 di kelasnya. Setiap diberi pujian, ia selalu tersenyum dan membalas pujian dengan mengucapkan terima kasih. Tidak ada siswa yang  tidak mengenalnya. Selain berprestasi, perilaku baiknya menjadikan orang lain segan terhadapnya. Ketika bertemu bapak ibu guru, ia selalu menyapa dan menawarkan diri untuk membantunya. Tidak hanya terhadap guru, kepada siapapun yang ia temui selalu disapanya. Amir memiliki banyak teman,  baik di rumah maupun di sekolah.  Tidak sedikit teman-temannya yang  belajar di rumah Amir ketika tidak paham atas pelajaran yang diajarkan  bapak ibu guru. Amir tidak pelit dengan ilmunya. Ketika Amir menang sebagai juara di tingkat nasional, ia pun tetap bersedia menemani teman-temannya untuk belajar dalam memahami ilmu. Ia mengajarkan ilmu kepada temannya dengan telaten dan sabar. Ia juga bergaul dengan penuh riang dan tidak membeda-bedakan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut,  sikap Amir yang mencerminkan kandungan Q.S. al-Furqan/25: 63 adalah ….

A.    hemat

B.    pemaaf

C.    rendah hati

D.   sederhana

 

5.    Perhatikan Q.S. an-Nahl/16: 114 berikut!

فَكُلُوْا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللّٰهُ حَلٰلًا طَيِّبًاۖ وَّاشْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ ﴿114

Lafaz yang bergaris bawah pada ayat tersebut memiliki arti ….

A.    dan bersyukurlah atas nikmat Allah

B.    maka makanlah yang halal lagi baik

C.    dari rezeki yang telah diberikan Allah

D.   jika kamu hanya menyembah kepada-Nya

 

6.    Perhatikan Q.S. az-Zumar 39: 53 berikut!

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ ﴿53

Hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53 tersebut ditunjukkan pada lafaz ….

A.    قُلْ يٰعِبَادِي

B.    عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ

C.    لَا تَقْنَطُوْا

D.   مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ

 

7.    Perhatikan narasi berikut!

Pak Faiz bekerja sebagai penjual dawet di pasar Sukamaju penghasilan Pak Faiz tidak menentu terkadang dagangan Pak Faiz tidak habis. Dia tidak pernah menyerah dan mengeluh bila dagangan tidak habis. Dia membagikan sisa dagangannya kepada tetangga dan sanak saudara.

Berdasarkan narasi tersebut, perilaku Pak Faiz yang mencerminkan pengamalan Q.S. az-Zumar/39: 53 adalah….

A.    pindah di lokasi yang lain

B.    tetap berdagang setiap hari

C.    mengganti barang dagangannya

D.   mengurangi barang dagangannya

 

8.    Perhatikan deskripsi berikut!

Kelas Jamil terdiri dari 29 siswa, 6 diantaranya beragama non muslim. Pada saat bulan Ramadhan, Jamil berpuasa sedangkan yang non muslim tidak berpuasa. Jamil merasa kurang nyaman ketika non muslim makan dihadapannya karena memang pada saat itu waktunya makan siang.

Dari deskripsi tersebut, perilaku Jamil yang mencerminkan kandungan Q.S. al-Hujurat/49: 13 adalah ….

A.    meminta secara halus agar tidak makan di hadapannya

B.    mengajak temannya yang non muslim untuk ikut berpuasa

C.    mengingatkan temannya agar menghormati orang yang berpuasa

D.   tidak mempermasalahkan ketika non muslim makan dihadapannya

 

9.    Perhatikan ilustrasi berikut!

Abdullah memiliki hobi bersholawat. Suatu hari, ia bersama teman-temannya bersholawat dengan menggunakan alat-alat rebana sehingga suaranya terdengar keras sekali. Tetangga Abdullah yaitu Pak Markus ada acara kebaktian. Oleh karena itu, Abdullah memutuskan untuk pindah tempat ke rumah Ahmad yang jaraknya sedikit lebih jauh dari rumah Pak Markus dengan tujuan agar sholawatnya tidak mengganggu Pak Markus dan kawan-kawannya.

Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa Abdullah mengamalkan kandungan Q.S. al-Hujurat/49: 13 yang sesuai dengan nilai-nilai moderasi beragama, yaitu ….

A.    keteladannan

B.    berkeadaban

C.    kesetaraan

D.   toleransi

 

10.  Perhatikan kisah berikut!

Kisah Seorang Guru dan Tiga Orang Muridnya

Suatu hari, seorang guru meminta tiga muridnya untuk menyembelih tiga ekor ayam di tempat yang berbeda dan yang tidak terlihat oleh siapapun. Ketiga muridnya pun membawa ayamnya masing-masing dan berlari ke tempat yng mereka pikir tidak ada yang akan melihat.

Murid pertama pergi ke puncak gunung, di sana dia melihat tidak ada satupun yang melihat perbuatannya, lalu dengan cepat dia menyembelih ayam tersebut. Murid kedua pergi ke gua, di sana dia melihat tidak ada satupun yang melihat perbuatannya, lalu dengan cepat dia menyembelih ayam tersebut. Setelah selesai dia segera kembali menghadap gurunya.  Sementara itu, murid ketiga tampak kebingungan dia berlari kesana kemari mencari tempat yang dimaksudkan gurunya, lama dia mencari namun tak kunjung menemukan tempat tersebut.

Setelah selesai mereka segera kembali menghadap gurunya, murid pertama segera melaporkan bahwa dia telah berhasil menyembelih ayam tersebut dan yakin tidak ada yang melihatnya, begitu juga murid kedua dia melaporkan bahwa berhasil menyembelih ayamnya di gua dan tidak seorangpun melihatnya saat itu, sementara murid ketiga, tidak dapat memberikan laporannya.

Sang guru bertanya kepadanya” Muridku, apa kamu sudah melaksanakan tugasmu?”

Si murid menjawab,” Maaf guru, saya tidak dapat melaksanakan tugas yang diperintahkan.”

Sang guru bertanya lagi, “Boleh kamu berikan alasannya?”

“Saya tidak mampu menyembelih ayam di tempat yang tidak terlihat oleh siapapun kerana yang saya tahu di tempat mana pun di bumi ini, selalu diawasi dan dilihat oleh Allah.”

Mendengar jawaban muridnya sang guru tersenyum dan berkata, “Kamu benar muridku, tidak ada tempat di dunia ini yang tidak dalam pengawasan Allah, Allah Maha Melihat apapun yang dilakukan oleh makhluknya di dunia ini.”

Sumber : https://theaqra.com/

Kisah ini menggambarkan penerapan keyakinan bahwa Allah Swt.       memiliki asmaul husna ….

A.    al-Khabir

B.    al-Sami’

C.    al-Basir

D.   al-’Alim

 

11.  Perhatikan Q.S. al-Anbiya  21: 19 – 20!

وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ عِنْدَهُ لا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلا يَسْتَحْسِرُونَ ﴿19﴾ يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لا يَفْتُرُونَ ﴿20

“Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) mereka letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

Berdasarkan dalil tersebut dapat disimpulkan bahwa malaikat ....

A.    tidak memiliki hawa nafsu, tidak makan dan minum

B.    dapat berubah bentuk apa saja atas izin Allah

C.    patuh dalam melaksanakan perintah Allah

D.   selalu menyembah Allah dan bertasbih

 

12.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Ahmad adalah siswa SMP yang rajin memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram dan tik tok. Dalam pemberian nama akun media sosial Ahmad selalu memberi identitas profil dan nama akunnya sesuai nama sebenarnya. Teman-teman Ahmad banyak yang sering menyembunyikan identitas mereka di akun media sosialnya. Menurut Ahmad memasang profil dan nama sebenarnya adalah bagian dari akhlak seorang muslim yang meneladani sifat wajib rasul Allah yaitu kejujuran. Ahmad menyampaikan kepada teman temannya bahwa kejujuran yang kita lakukan ini meneladani sifat rasul yang harus kita terapkan dalam semua sisi kehidupan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, nilai moderasi beragama yang sesuai dengan perilaku Ahmad adalah ….

A.    keteladanan

B.    berkeadaban

C.    mengambil jalan tengah

D.   kewarganegaraan dan kebangsaan

 

13.  Perhatikan pernyataan berikut ini!

1)    Anan sangat berhati-hati dalam bertutur kata, karena dia sadar bahwa apapun yang terucap akan diperhitungkan secara detail saat hari penghitungan amal.

2)    Bahrul rajin membaca Al-Qur’an dan berusaha untuk menghafalkannya sebagai ibadah untuk bekal di akhirat.

3)    Candra memperbanyak membaca istighfar setiap sehabis salat, minimal 33 kali. Diapun beristighfar setiap menyadari bahwa dia berbuat kesalahan.

4)    Diana sangat suka membantu temannya karena dia akan mendapatkan tabungan untuk masa depan.

5)    Amar sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan karena dia ingin dihargai sebagai pemimpin yang bijaksana

Perwujudan fungsi iman kepada hari akhir yang paling tepat ditunjukkan pada pernyataan nomor…

A.    1, 2, dan 3

B.    1, 2, dan 4

C.    2, 3, dan 4

D.   2, 4, dan 5

 

14.  Simaklah ilustrasi berikut!

Indonesia dari posisi geografis, berpotensi mengalami gejala-gejala alam seperti gempa  bumi, banjir, tanah longsor, gunung meletus, dan sebagainya. Setiap kali gejala alam yang tidak bisa dihindarkan ini terjadi, masyarakat Indonesia selalu bahu membahu dalam menghadapi bencana alam tersebut. Peran serta semua elemen masyarakat dan pemerintah dilakukan untuk saling membantu bangkit menghadapi situasi ini dan tidak pernah mengeluh. Kondisi seperti ini sudah lebih baik dibanding dengan apabila tidak ada penanganan sama sekali. Tekad ini juga melekat pada jiwa masyarakat muslim yang beriman kepada hari akhir.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, hikmah beriman kepada hari akhir adalah …

A.    dapat menenangkan jiwa

B.    menumbuhkan sikap optimis

C.    menjauhkan diri dari sifat sombong

D.   senantiasa bersabar dan bersyukur

 

15.  Perhatikan kisah sukses berikut!

Maudy merupakan pembicara termuda di Forum Ekonomi Global 2015. Pada tahun 2016 ia dipilih oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai Wanita Inspiratif Indonesia. Ia juga memenangkan BUBU Awards sebagai "Influencer Digital Terbaik" dan "Milenial Paling Berpengaruh" oleh Style Awards atas keterlibatan positifnya di media sosial dan kolaborasinya dengan CIMB Niaga dalam gerakan "Kejar Mimpi". Keberhasilan Maudy bisa saja membuat dia merasa hebat, bisa untuk membanggakan diri ataukah lebih memilih untuk tetap rendah hati karena mensyukuri semua sebagai karunia dari Allah Swt.

Diantara perilaku Maudy berikut yang merupakan ciri orang yang beriman kepada qada dan qadar adalah ….

A.    berhak merasa bangga dengan keberhasilan yang telah dicapainya.

B.    merasa cukup puas karena usahanya sudah mencapai keberhasilan

C.    menjaga sikap rendah hati karena capaiannya adalah karunia Allah Swt.

D.   menjaga image sebagai orang sukses dan menjaga pergaualan dengan orang lain

  

16.  Perhatikan narasi berikut!

Syauqi adalah seorang peserta didik di salah satu SMP di daerahnya. Dia adalah anak yang soleh, selalu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh guru dan teman-temanya dengan  baik. Oleh karena itu dia terpilih jadi ketua kelas dan setahun kemudian terpilih jadi ketua OSIS.

Berdasarkan narasi tersebut, perilaku Syauqi menunjukkan sikap….

A.    jujur

B.    amanah

C.    istiqamah

D.   fathanah


17.  Perhatikan kutipan berita dibawah ini!

KOMPAS.com - Satu cerita inspiratif kembali datang dari guru Indonesia yang berdedikasi untuk anak-anak didiknya. Betty Anggraeni, pendidik program Social Studies untuk kelas 8 di SMP Cikal Amri Setu berhasil meraih penghargaan International CARE Award sebagai pendidik yang memiliki empati tinggi dalam menghadirkan proses pembelajaran bermakna dengan segala tantangannya di masa pandemi. CARE Award sendiri, dilansir dari website resmi, merupakan sebuah penghargaan bagi para guru di dunia yang membuat langkah pembelajaran yang unik dan berbeda di sekolah maupun komunitas selama pandemi dengan 4 karakteristik, yakni Curious, Adaptable, Resilient, and Empathetic).

Berdasarkan kutipan berita tersebut, perilaku berikut yang sesuai adalah ....

A.    menjadi teladan disetiap event kegiatan lomba maupun sosial 

B.    berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di daerahnya

C.    mempunyai kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan

D.   bersikap adil dalam meyelesaikan permasalahan yang dihadapinya

 

18.  Perhatikan teks informasi berikut!

Pada hari Senin, aku bersama teman-teman se-SMP melaksanakan upacara bendera. Yang bertugas hari itu adalah peserta kelas 9, termasuk aku yang juga ditugaskan menjadi pengibar bendera. Beruntung waktu itu kegiatan upacara dilaksanakan sebentar saja, soalnya Guru selaku pembina upacara hanya menyampaikan sepatah dua patah kata pesan. Pak Guru berpesan agar kita semua terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, patuh kepada orang tua dan guru, menjaga kebersihan diri, sekolah, dan lingkungan, serta berperilaku jujur. Sesudah upacara, aku bersama dua orang temanku pun sempat melipat bendera. Bersamaan dengan itu, secara tidak sengaja aku lihat ada uang Rp. 50.000 yang jatuh dari saku celana seorang siswa kelas 9.

“Eh, Toni. Itu ada uang kakak kelas barusan jatuh. Bagaimana ini?”

“Wah, banyak itu! Bagaimana kalau sepulang sekolah nanti kita makan-makan di warung baksonya Bu Siti. 50.000 lho, lumayan, kan. Kita bisa dapat porsi komplit.”

Aku pun agak gemetar mendengar percakapan kedua orang temanku. Sebenarnya sejak awal melihat uang itu aku ingin langsung mengembalikannya kepada Kakak kelas, tapi aku takut. Aku juga tidak kenal. “Begini saja, teman-teman. Menurutku, lebih baik kita kembalikan uang ini kepada Kakak kelas dan kalian tolong temani aku.”

“Ya udah deh. Aku setuju. Toh, ini juga bukan uang milik kita, kan. Jelas-jelas tidak akan berkah jika kita membelanjakannya. Selain itu, kita juga harus jujur kepada diri sendiri dan orang lain.”.

Dari teks informasi tersebut sikap yang benar adalah...

A.    Zaenal memiliki kebiasaan untuk selalu menyampaikan informasi yang sesuai dengan kenyataan.

B.    Yumna telah meraih kesuksesan dalam ujian nasional dengan predikat nilai tertinggi pada tahun ini

C.    Danu menerima perlakuan yang kurang adil tidak melakukan protes, karena akan menambah masalah.

D.   Randi tahun ini mendapatkan predikat sebagai siswa teladan tingkat nasional dari kemendikbudristek

 

19.  Perhatikan Ilustrasi berikut!

Hasan seorang  siswa yang berprestasi di kelasnya. Saat guru menerangkan materi pelajaran, Hasan biasanya memperhatikan dengan sungguh- sungguh. Suatu saat dalam proses belajar di kelas Hasan bersenda gurau dengan teman-teman, sehingga ditegur guru. Reaksi Hasan dan teman-temannya ada yang langsung diam dan memperhatikan, ada yang tetap bersendau gurau serta ada yang membantah gurunya. Namun guru tetap menanggapinya dengan sabar.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, contoh perilaku berbakti kepada guru yang paling tepat  dilakukan adalah ....        

A.    mendengarkan  setiap nasehat guru

B.    memberi hadiah barang berharga kepada guru

C.    selalu mengingat nama dan kebaikan gurunya

D.   sering berkunjung ke rumah gurunya

 

20.  Tolong menolong adalah sikap membantu orang lain yang kesusahan dan meringankan bebannya. Sikap tolong menolong harus dijaga, karena pada dasarnya manusia sebagai makhluk sosial tetap membutuhkan pertolongan orang lain. Misalnya, ketika teman-teman melihat ada orang yang terjatuh dari sepeda, kita bisa menanyakan kondisinya dan membantunya berdiri. Ketika berangkat sekolah Adinda mengetahui bahwa Sinta terjatuh dari sepeda, sikap yang dilakukan oleh Adinda adalah ….

A.    menolong Sinta yang baru terjatuh dari sepedanya

B.    membiarkan Sinta karena takut terlambat masuk sekolah

C.    menolong Sinta sambil mengharapkan balasan yang setimpal

D.   menasehati Sinta agar mengendarai sepeda selalu berhati-hati

 

21.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Arman memiliki akun Facebook. Ia memasang foto orang lain hasil unduhan di google agar tampak lebih keren dan percaya diri. Ia juga menggunakan nama yang berbeda di akunnya. Menurutnya nama aslinya terlalu kampungan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, perilaku jujur yang seharusnya dilakukan adalah ….

A.    tidak masalah karena facebook sekedar untuk seru-seruan

B.    ingin meniru Arman karena tampak lebih keren dan gaul

C.    tidak masalah karena banyak yang seperti Arman

D.   menggunaakan nama dan foto asli

 

22.  Perhatikan pernyataan berikut!

1)    Berpamitan dengan mengucapkan salam kepada orang tua

2)    Tidak memotong atau menyela pembicaraan orang lain

3)    Menghargai pendapat temannya ketika berdiskusi

4)    Selalu mendengarkan nasihat orang tua dan guru

5)    Memperhatikan dan mendengarka penjelasan guru

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan cara berbakti dan taat kepada orang tua adalah…

A.    1, 2, 3

B.    1, 2, 4

C.    2, 4, 5

D.   2, 3, 4

 

23.  Meida ingin berteman dan berkenalan dengan orang lain tentu ada tata krama atau sopan santunnya. Meskipun tidak tertulis, namun tata krama itu telah menjadi budaya yang diterima oleh setiap orang dan dianggap sesuai dengan nilai dasar manusia. Namun ketika Andira berkomunikasi melalui media sosial perbuatan yang tidak perpuji, dia  mengumpat Ratri dengan kata-kata yang menyakitkan. Tentu hal tersebut menjadikan Ratri marah dan tidak terima, lalu Ratri pun membalas umpatan Andira. Santi sebagai teman dekat dari Andira dan Ratri menasehati Andira dan Ratri dengan suara yang lemah lembut.

Perilaku yang dilakukan Santi mengandung nilai moderasi beragama yaitu ….

A.    toleransi

B.    kebangsaan

C.    keadilan

D.   keteladanan

 

24.  Perhatikan narasi di bawah ini !

Aida adalah seorang muslimah berumur 15 tahun. Di sekolah guru agamanya sudah menjelaskan pelajaran tentang cara bersuci dari hadas besar dan hadas kecil. Suatu hari Aida mendapati dirinya dalam keadaan haid. Dia memahami bahwa dirinya dalam keadaan berhadas besar. Setelah beberapa hari Aida selesai haid, maka ia harus bersuci terlebih dahulu agar dapat melakukan ibadah salat.

Dari narasi tersebut, cara bersuci yang dilakukan Aida adalah ....

A.    mengalirkan air ke sebagian tubuh dari ujurng rambut sampai ujung kaki

B.    niat mengalirkan air ke seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki

C.    mengalirkan air ke seluruh tubuh dari ujurng rambut sampai ujung kaki kemudian baru niat

D.   niat bersamaan dengan mengalirkan air ke seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki

 

25.  Perhatikan pernyataan berikut!

1)    Mengetahui syarat dan rukun shalat, serta perkara yang membatalkan shalat

2)    Fasih dalam membaca ayat-ayat al-Qur’an

3)    Dewasa

4)    Berdiri pada posisi paling tengah

5)    Paling luas wawasan agamanya dibandingkan yang lain

6)    Berakal sehat

7)    Seorang laki-laki (perempuan tidak boleh jadi imam )

8)    Tidak sedang bermakmum kepada orang lain.

Berdasarkan pernyataan tersebut, syarat menjadi imam yang benar ditunjukan nomor....

A.    1, 2, 3, dan 4

B.    1, 2, 3, dan 5

C.    1, 2, 5, dan 8

D.   1, 2, 6, dan 7

 

26.  Perhatikan teks informasi berikut ini !

Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa dalam ajaran Islam. Hari terbaik, termulia, dan paling agung dari hari-hari yang lainnya. Orang-orang yang memasuki hari ini sudah selayaknya tidak menyia-nyiakan segala waktu yang ia miliki untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah, dengan beragam bentuk ketaatan dan kebaikan yang bisa dilakukannya. Di antara rangkaian ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam pada hari ini adalah menunaikan shalat Jumat, yaitu salah satu ibadah wajib dalam satu pekan satu kali. Setiap muslim laki-laki yang sudah terkena khitab (tuntutan kewajiban), diharuskan untuk menunaikan ibadah yang satu ini. Pada hari Jumat semua jamaah mendapatkan kesempatan menyimak khutbah Jumat yang disampaikan khatib. Khutbah berisi nasihat untuk beriman, bertaqwa dan beramal saleh. Oleh karena itu, sudah seharusnya tidak boleh abai dan lalai dalam mengerjakannya. (Sumber: https://islam.nu.or.id/jumat/hikmah-kewajiban-shalat-jumat-caJ22)

Berdasarkan teks informasi diatas, maka hikmah salat Jum’at yang paling benar adalah....

A.    menambah pengetahuan Islam

B.    saling mencintai sesama umat Islam,

C.    menambah rasa persatuan dan kesatuan

D.   saling mengenal dan bentuk kasih sayang Allah Swt.

 

27.  Perhatikan  ilustrasi berikut ini !

Fadila bersama teman-temannya pergi tamasya ke Bandung dengan bus pariwisata. Perjalanan ini membutuhkan waktu 5 jam. Mereka berangkat dari Pekalongan pukul 08.30 wib. Pada pukul 13.00 wib bus berhenti di rest area. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Fadila dan teman-temannya untuk istirahat dan melakukan salat secara jamak.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, cara melaksanakan salat jamak yang tepat adalah ....

A.    dua rakaat salat zuhur lalu dua rakaat salat ashar

B.    empat rakaat salat zuhur dan dua rakaat salat ashar

C.    empat rakaat salat zuhur dan empat rakaat salat ashar

D.   dua rakaat salat zuhur dan ashar secara bersama sama

 

28.  Perhatikan narasi berikut ini !

Ratusan warga Soragan memanjatkan doa seusai melaksanakan salat sunah di lapangan tenis Soragan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DI. Yogyakarta. Salat ini diprakarsai oleh warga dan didukung oleh lembaga dakwah Wahdah Islamiyah Bantul karena keprihatinan sudah berbulan-bulan tidak turun hujan. Lahan pertanian mulai mengalami kekeringan, rawan kebakaran hutan dan kekurangan air bersih. Salat ini dilaksanakan dengan harapan agar Allah Swt, segera menurunkan hujan.

Berdasarkan narasi tersebut, cara melaksanakan salat sunnah yang tepat adalah ....

A.    niat, rekaat pertama takbir 7 kali sebelum membaca surat Al Fatihah, takbir 5 kali rekaat kedua, khutbah dan membaca istiqfar 9 kali.

B.    niat, rekaat pertama takbir 5 kali sebelum membaca surat Al Fatihah, takbir 3 kali rekaat kedua, khutbah dan membaca istiqfar 9 kali.

C.    niat, rekaat pertama takbir 7 kali sebelum membaca surat Al Fatihah, takbir 5 kali rekaat kedua, khutbah

D.   niat, rekaat pertama takbir 5 kali sebelum membaca surat Al Fatihah, takbir 3 kali rekaat kedua, khutbah

 

29.  Fauziah sedang melaksanakan salat zuhur, dia ragu-ragu tentang hitungan jumlah rakaat yang sudah dikerjakan. Apakah mengerjakan rakaat yang ketiga atau keempat. Dalam kondisi seperti ini, setelah selesai tahiyat akhir sebelum salam, dia melakukan sujud.

Berdasarkan peristiwa tersebut, sujud yang dilakukan oleh Fauziah adalah ....

A.    sahwi

B.    syukur

C.    tilawah

D.   sujud biasa

 

30.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Kasih sayang seorang ibu begitu besar pada anak tercintanya. Ia rela melakukan apapun demi pertumbuhan dan kesehatan anaknya. Termasuk ketika menyuapi si kecil. Bu Nana adalah seorang ibu muda yang sedang sayang-sayangnya kepada buah hati tercinta. Ia ingin menyuapi anaknya dengan makanan yang sebelumnya harus dikunyah terlebih dahulu padahal saat itu ia dalam kadaan sedang berpuasa. Apa yang harus dilakukan oleh Bu Nana berdasarkan ilustrasi tersebut?

A.    membatalkan puasanya kemudian mengunyah makanan untuk si buah hati.

B.    menyuapi si buah hati dengan mengunyah makanan setelah tiba waktu berbuka.

C.    mengunyah makanan sebelum diberikan kepada si buah hati asal tidak menelannya.

D.   mengunyah makanan untuk si buah hati meskipun sedikit menelan makanan tersebut.

 

 

31.  Perhatikan daftar berikut!

No.

Jenis makanan/minuman

No.

Jenis makanan/minuman

1.

Steak daging sapi

5.

Sate kulit babi

2.

Es soda anggur

6.

Oseng cabe hijau

3.

Barbeque daging bebek

7.

Anggur kolesom cap orang tua

4.

Es tuak manis

8.

Rica-rica guk-guk

Berdasarkan daftar tersebut, makan dan minuman yang haram ditunjukkan pada nomor ….

A.    1, 2, 3, dan 4

B.    2, 3, 4, dan 5

C.    3, 4, 6, dan 8

D.   4, 5, 7, dan 8

 

 

 

 

32.  Pak Rudi hidup bersama anak dan istrinya di desa. Beliau memiliki 1 hektar  sawah dan termasuk orang yang taat menjalankan syariat agama Islam. Pada saat panen, sawah Pak Rudi menghasilkan 10 kuintal gabah. Sementara harga gabah per kilogramnya @ Rp. 5.000.-  Pak Rudi mengairi sawahnya dengan air hujan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut maka jumlah zakat yaang harus dikeluarkan oleh Pak Rudi adalah…

A.    Rp. 5.000,-

B.    Rp. 50.000,-

C.    Rp. 500.000,-

D.   Rp. 5.000.000,-

 

33.  Bacalah dengan seksama deskripsi berikut!

Salah satu proses ibadah haji adalah mencium hajar aswad.  Mencium hajar aswad merupakan salah satu keutamaan yang dicontohkan oleh Rasulullah Muahammad saw. Untuk bisa mencium hajar aswad dibutuhkan kesabaran dan pengendalian emosi yang luar biasa karena banyaknya para jamaah yang juga ingin menciumnya. Dengan latar belakang negara asal jamaah yang berbeda, memungkinkan perbedaan fisik dan perangai dalam beribadah haji, termasuk dalam upaya bisa mencium hajar aswad. Sebagai seorang jamaah haji, hendaknya tidak mengedepankan egonya dalam mencium hajar aswad, yakni tidak menyikut dan mendorong kiri kanan demi bisa mencium hajar aswad.

Salah satu nilai moderasi yang dapat diambil dari deskripsi tersebut adalah ….

A.    tidak perlu mencium hajar aswad karena bukan merupakan rukun atau wajib haji.

B.    berempati, menghargai perbedaan, dan tidak memaksakan diri mencium hajar aswad.

C.    membayar orang yang tinggi besar untuk mencarikan jalan agar bisa mencium hajar aswad

D.   dengan sedikit dorongan dan sikutan kepada sebelah yang penting bisa mencium hajar aswad.

 

34.  Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

1.    menyembelih babi dengan proses penyembelihan secara syar’i

2.    menyembelih rusa yang sebelumnya ditembak kakinya terlebih dahulu.

3.    kambing yang terjatuh ke dalam jurang kemudian disembelih

4.    menyembelih burung dengan bambu yang sangat tajam.

5.    ayam curian yang disembelih dengan mengucapkan basmalah

6.    menyembelih ayam hingga putus batang lehernya

7.    menyembelih burung belibis yang mati karena terjerat tali plastik

8.    menyembelih ayam dengan menggunakan mesin potong hewan.

9.    kelinci yang disembelih dengan alat yang terbuat dari tulang

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang termasuk tatacara penyembelihan hewan yang benar menurut ajaran Islam adalah ….

A.    1, 3, 5, dan 7

B.    2, 4, 6, dan 8

C.    3, 4, 5, dan 7

D.   4, 5, 6, dan 8

 

35.  Perhatikan kisah Nabi Muhammad Saw berikut!

Peristiwa Thaif menjadi monumen kelembutan Rasulullah Saw. dalam mewariskan dakwah yang penuh rahmat. Perjalanan ke Thaif untuk mengajak Kabilah Tsaqif, penguasa Thaif, guna meminta pertolongan dan perlindungan. Namun, perlakuan yang diberikan penduduk Thaif sangat kasar. Saat itu, kaum Tsaqif melempari Rasulullah Saw. dengan batu. Akhirnya, Rasulullah berlindung di kebun milik 'Utbah bin Rabi'ah. Rasulullah Saw. memanjatkan doa, "Ya, Allah kepada-Mu aku mengadukan kelemahanku, kurangnya kesanggupanku, dan kerendahan diriku berhadapan dengan manusia. Wahai Zat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Engkaulah Pelindung bagi si lemah dan Engkau jualah pelindungku! Engkau berkenan. Sungguh tiada daya dan kekuatan apa pun selain atas perkenan-Mu." Rasulullah Saw. tidak membalas Tindakan penduduk Thaif, akan tetapi justru mendoakan mereka. (Republika.co.id)

Perilaku yang sesuai dengan kisah tersebut adalah ....

A.    Danu menerima perlakuan yang kurang adil dari temannya, ia tidak dendam, tidak melakukan protes, dan pembelaan diri, karena apabila itu dilakukan akan menambah masalah.

B.    Ibu Aminah sebagai pedagang yang baik, memberitahukan kondisi barangnya yang telah rusak kepada pembeli, walaupun beresiko barang dagangannya tidak laku.

C.    Usman rajin melaksanakan salat fardu tepat pada waktunya. Bahkan tiap hari ia sudah bangun dini hari supaya dapat melaksanakan salat subuh tepat waktu.

D.   Rizky belanja di warung, ketika menerima pengembalian uang belanja ternyata ada kelebihan, ia langsung mengembalikan kelebihan uang pengembalian tersebut.


JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI PADA LEMBAR JAWABAN YANG SUDAH TERSEDIA BENAR ATAU SALAH !

36. Perhatikan Q.S. al-Baqarah/2: 153 berikut!

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ ﴿153

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar”.

Berdasarkan Q.S. al-Baqarah/2: 153 mengajarkan orang-orang beriman apabila mendapat cobaan                                    agar berperilaku sabar, tetapi tidak perlu diterapkan  dalam kehidupam sehari-hari.

A.    Benar

B.    Salah

 

37.  Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. adalah kitab Al-Qur’an yang merupakan penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Bahasa yang digunakan dalam kitab ini adalah bahasa Arab. Kitab sebelumnya yang yang wajib diimani yang dimaksud adalah kitab Taurat, Zabur dan Injil. Pokok ajaran yang terdapat pada kitab Al-Qur’an adalah tentang aqidah, ibadah, akhlaq, muamalah, sejarah orang-orang dahulu, janji dan ancaman Allah bagi orang yang beriman dan orang kafir dan ilmu pengetahuan. Pernyataan tersebut adalah ….

       A.  Benar

       B.  Salah


38.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Dua orang pelajar meninggal dunia setelah meminum miras oplosan yang mereka racik sendiri dengan teman-temannya. Kejadian tersebut berawal pada hari Jum’at lalu, kedua korban bersama 7 teman lainnya, bermain disebuah vila, lalu meracik sebuah minuman keras dengan bahan alkohol 70 persen, air mineral, ditambah minuman suplemen. Keesokan harinya, kedua korban itu mengalami kejang-kejang dan meninggal dunia dirumah sakit. Sementara ke 7 orang temannya hingga saat ini selamat namun dalam kondisi lemas.

Ilustrasi tersebut merupakan akibat dari minuman keras, Maka ajaran Islam melarang setiap muslim mengonsumsi minuman keras karena akan menimbulkan akibat buruk bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat. Seperti bisa merusak jiwa, menyebabkan berbagai macam penyakit psikologis, menimbulkan beban mental dan emosional. Pernyataan tersebut adalah ….

A.    Benar

B.    Salah

39.  Simaklah ilustrasi berikut dengan cermat!

Bagi seorang muslim, berkurban merupakan sebuah ibadah yang sangat dianjurkan. Selain mempunyai nilai ibadah secara individu dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Swt. juga mempunyai dampak sosial dalam rangka membantu para fakir miskin yang jarang mengonsumsi daging. Pak Sandi tahun ini sudah berniat untuk berkurban seekor sapi jantan yang dipeliharanya sejak kecil setahun yang lalu. Sapi Pak Sandi tampak gemuk dan sehat. Ia sangat senang karena tahun ini bisa ikut berkurban seekor sapi jentan yang gemuk dan sehat.

Berdasarkan ilustrasi tersebut yang dilakukan pak Sandi sudah benar sapi bisa untuk kurban satu orang, sama seperti kambing. Pernyataan tersebut adalah ….

A.    Benar

B.    Salah

40.  Sebelum Islam datang ke Nusantara, kesenian dan kebudayaan Hindu-Buddha telah  mengakar kuat di tengah-tengah masyarakat. Kesenian tersebut  tidak dihilangkan tetapi justru digunakan sebagai sarana dan media dakwah. Cabang-cabang  seni yang dikembangkan para penyebar Islam diantaranya adalah seni bangunan, seni pahat dan ukir, seni tari, seni musik dan seni sastra. Seni bangunan, misalnya masjid, mimbar, dan ukiran-ukirannya masih  menunjukkan motif-motif seperti yang terdapat pada candi-candi Hindu atau Buddha. Motif tersebut dapat dilihat pada Masjid Agung Demak, Masjid Agung Kasepuhan di Cirebon, Masjid Agung Banten, dan Masjid Baiturrahman di Aceh.

Berdasarkan narasi tersebut merupakan salah satu  penyebab Islam mudah diterima masyarakat Nusantara

A.    Benar

B.    Salah




Komentar

Postingan Populer